16/03/09

Air, nama untuk cairan dari campuran oksigen hidrogen.

Menurutmu:  

Ahli kimia Prancis Louis Gay-Lussac dan ahli kimia Jerman Alexander von Humboldt menunjukkan bahwa air terdiri atas dua volume dari hidrogen dan satu oksigen, seperti yang dinyatakan oleh rumusan yang sekarang H2O.


Surah Al Baqarah (2) ayat 164

164. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Air Merupakan Sumber kehidupan

Seperti yang kita ketahui baik tumbuhan, hewan dan manusia sangat membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, mencuci pakaian dan mandi. Firman Allah SWT dalam Surah Al Furqaan ayat 54, menjelaskan bahwa manusia Dia ciptakan dari air. Zat yang Maha Suci Allah SWT, juga menjelaskan bahwa Ia telah menciptakan semua jenis hewan dari air, dalam surah An Nuur ayat 45.

Surah Al Furqaan (25) ayat 54

54. Dan dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah[1070] dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.

[1070] Mushaharah artinya hubungan kekeluargaan yang berasal dari perkawinan, seperti menantu, ipar, mertua dan sebagainya.

Surah An Nuur (24) ayat 45

45. Dan Allah Telah menciptakan semua jenis hewan dari air, Maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Benarkah manusia berasal dari air? Anak-anak biologi dan kedokteran akan setuju dengan saya, bahwa manusia memang berasal dari air. Kita semua (manusia) berasal dari air mani, dan sebagian tubuh kita terdiri akan air (perhatikan iklan salah satu minuman kemasan di televisi kesayangan anda) disana mereka menyebutkan bahwa 80% tubuh kita terdiri atas air baik ditangan dan ditubuh kita.

Siklus Air

Kayanya saya akan minta penjelasan ama anak teknik lingkungan nih gimana sih siklus air terjadi?(maklum kita kan anak kimia), ntar pada posting berikutnya bakalan ada penjelasan lebih lanjut gimana siklus air terjadi. Ternyata Allah SWT telah menjelaskan kepada kita bagaimana siklus air terjadi dalam Firman-Nya sebagai berikut:

Surah An Nuur (24) ayat 43

43. Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, Kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, Kemudian menjadikannya bertindih-tindih, Maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, Maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.

Surah 'Abasa (80) ayat 25

25. Sesungguhnya kami benar-benar Telah mencurahkan air (dari langit),

Surah Adz Dzaariyaat (51) ayat 2

2. Dan awan yang mengandung hujan,


Surah An Naba' (78) ayat 14

14. Dan kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah,


Anak kecil aja tau? Penggalan kata tersebut mungkin mengelitik kita, karena kita ketahui bahwa Air dibumi ini memiliki sebuah siklus yang mana jika salah satu tahapan siklus tersebut terhambat atau terganggu maka akibatnya akan sangat merugikan bagi kehidupan kita manusia. Timbulnya bencana seperti banjir dan tanah longsor semua akibat ulah manusia, padahal kita tuh udah dari SD diberi pelajaran tentang kenapa banjir terjadi. Saya masih ingat dulu waktu SD, guru saya memberikan pertanyaan "Kalo Hutan Gundul Maka Akan Terjadi?" serentak teman-teman pada menjawab "longsor". Tapi toh tetep aja terjadi tu tanah longsor, aneh tapi nyata.

Pada Surah Az Zukhruf ayat 11 menyatakan bahwa Allah SWT menurunkan hujan dalam kadar tertentu. Kebayang nggak kalian kalo ujan nggak turun seperti sekarang, alias dalam bentuk tetesan yang lebih gede lagi. Saya pernah berkendaraan diwaktu hujan gerimis datang, wuih rasanya sakit diwajah, karena tetesan tersebut mengenai kita dengan kecepatan tinggi (sesuai kecepatan kendaraan kita tentunya). Nah udah kebayangkan? Gimana jadinya kalo tetesan hujan tersebut segede batok kelapa dan kecepannya juga lebih dari sekarang, maka tiap turun hujan kita akan mendengar ada orang-orang pada benjol kepalanya, rumah hancur, dan hari tersebut di koran di tulis sebagai bencana alam.

Surah Az Zukhruf (43) ayat 11

11. Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti Itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).


Sifat Air

Menurut ilmu kimia yang saya tau, air terbentuk dari satu molekul Oksigen (O) dan dua molekul Hidrogen (H) membentuk H2O yang lebih dikenal sebagai air (bahasa banjar nya banyu). Karena air lah kenapa saya jadi tertarik dengan ilmu kimia, air dengan segala keunikannya baik sifatnya, bentuknya, pembentuknya, kegunaannya, semuanya akan membuat anda terheran-heran kenapa begitu kompleksnya dan hebatnya ciptaan Allah SWT.

Berikut beberapa keunikan air, menurut saya:

Bentuknya

Kenapa dengan bentuknya? Seperti yang kita ketahui bahwa bentuk benda itu terbagi menjadi 3 (ada yang membaginya 4), ada cair (seperti air) ada gas (seperti udara) ada padat (seperti batu) dan yang keempat plasma (seperti api). Pembagian benda berdasarkan bentuknya tersebut didasarkan atas kerapan melekul satu dengan yang lain, jika kerapannya sangat rapat maka ia akan berbentuk padat, jika kerapatannya cukup ia akan berbentuk cair, jika kerapatannya sangat tidak rapat ia akan berbentuk gas. Bentuk air seperti yang kita liat di laut, sungai, di dalam gelas minum, bentuk mereka adalah cair. Padahal air juga terdapat diudara dalam bentuk gas seperti uap air, awan, embun dan bentuk padat seperti pada teh es, bongkah es di kutub selatan, es lilin (jadi pengen minum teh es).

Sekarang saya akan mengajak temen-temen minum teh es, sekarang liat betul-betul teh es itu. Anda akan liat es itu mengapung di atas permukaan dan tidak tenggelam. Inilah sifat air yang akan membuat anda mengucapkan syukur, kenapa?

Kita akan membandingkan es dengan senyawa lain, yang mana dalam bentuk padatnya kerapatan molekulnya lebih besar dibandingkan dengan kerapatan molekulnya pada saat berbentuk cairan. Contoh minyak, pernah liat minyak goreng? Nah sekarang kalian letakkan minyak itu dalam lemari es, besoknya kalian akan melihat ada padatan minyak yang terletak dibawah permukaan nya (ibu aku sering menyebut minyaknya sedang tidur, pengen pulang jadinya). Sifat air ini disebut sebagai anomali air, atau sifat tidak biasa yang diakibatkan adanya ikatan hidrogen (ikatan yang terjadi antara unsur hidrogen dengan oksigen atau nitrogen) pada air. Ikatan ini menyebabkan berbagai macam sifat air, ikatan hidrogenlah yang bertanggung jawab atas semuanya.

Mungkin jika ikatan hidrogen pada air tidak ada maka tragedi tengelamnya kapal TITANIC nggak akan terjadi bahkan mungkin kapal itu nggak akan ada, kenapa?

Udah pernah nonton film TITANIC kan?jangan diliat adegan ciumannya aja, tapi liat tuh kapalnya tengelam karena menabrakan diri dengan bongkahan es, jika aja nggak ada ikatan hidrogen pada air mungkin ceritanya akan happly ever after alias tu kapal kaga rusak. Tapi tunggu dulu, kalo nggak ada ikatan hidrogen dijamin kita masih dalam masa es seperti di film nya ICE AGE. Menurut para ahli, dulu bumi kita diselimuti oleh bongkahan es (persis kaya di film ICE AGE), kalo bongkahan es lebih rapat dari pada bentuk cairnya maka kapan esnya mencair oleh sinar matahari?jangan-jangan kaga mencair bahkan cenderung membesar. Kalo begitu terus maka seluruh permukaan bumi akan diselimuti es terus menerus dan peradaban manusia bakalan kaga ada.

Pembentuknya

Air dibentuk oleh hidrogen dan oksigen, liat definisi kedua unsur tersebut sebagai berikut:

Hidrogen

Hidrogen (bahasa Yunani, "pembentuk air"), dengan simbol H, reaktif, tidak berwarna, tidak berbau, dan berupa gas. Hidrogen bereaksi dengan banyak unsur nonlogam. Campurannya dengan zat lemas Nitrogen (N) dengan katalisator membentuk amoniak (Fiksasi Nitrogen), dengan belerang (S) membentuk sulfida hidrogen, dengan khlor (Cl) untuk membentuk klorida hidrogen, dan dengan oksigen (O) membentuk air. Reaksi oksigen dan hidrogen berlangsung pada suhu kamar dengan katalisator platina (Pt). Ketika hidrogen bertemu dengan udara atau oksigen dan campurannya dapat menyala. Karena sifatnya yang ringan dari semua gas, hidrogen digunakan untuk mengisi balon-balon udara dan karena hidogen sangat dengan mudah menyala maka ia dapat meledak seperti pada peristiwa Hidenburg. Hidrogen biasanya disimpan di dalam silinder-silinder baja pada tekanan 120 sampai 150 atmosfer. Hidrogen juga digunakan untuk memotong, melelehkan, dan mengelas baja. (Sumber Microsoft Encarta 2003, diterjemahkan secara bebas)

Oksigen

Oksigen, simbol O, unsur tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, sedikit bersifat magnetis. Di Bumi, oksigen berkelimpahan dibanding unsur lain. Oksigen ditemukan pada 1774 oleh ahli kimia Yusuf Priestley berkebangsaan Inggris dan oleh ahli kimia Swedia Carl Wilhelm Scheele. Keberadaannya ditunjukkan dalam eksperimen-eksperimen klasik proses pembakaran oleh ahli kimia Prancis Antoine Laurent Lavoisier. Oksigen digunakan pada pengelasan temperatur yang tinggi. Oksigen digunakan sebagai bahan bakar pendorong untuk peluru kendali dan roket-roket. (Sumber Microsoft Encarta 2003, diterjemahkan secara bebas)

Sekarang kita pake ilmu logika, logikanya adalah kalo benda pembentuknya adalah zat yang dibutuhkan oleh pembakaran dan zat yang digunakan sebagai bahan bakar maka tu benda jadi bom, bener nggak?

Zat yang dibutuhkan dalam pembakaran, yakni oksigen. Kita bernafas memerlukan oksigen, nyala lilin memerlukan oksigen, artinya dimana ada oksigen disitu ada api. Zat yang digunakan sebagai bahan bakar pesawat yang mengantarkan kita ke bulan, yakni hidrogen. Dengan hidrogen kita bisa menginjakkan kaki ke bulan walaupun saya belum pernah kebulan, hidrogen juga sangat volatile (mudah terbakar), artinya dimana ada hidrogen disitu ada api. Definisi api di ungkapkan dibawah ini:

Api

Api, panas dan cahaya yang sebagai hasil kombinasi yang cepat dari oksigen, atau khlor yang berupa gas dengan bahan-bahan yang lain. Nyala api terdiri atas partikel-partikel hangat dari material nyala dan produk-produk berupa gas tertentu yang berkilauan. Kondisi-kondisi (yang) penting bagi keberadaan dari api adalah kehadiran dari suatu unsur pokok yang gampang menyala, suatu temperatur cukup tinggi untuk menyebabkan pembakaran (yang disebut suhu penyala) dan kehadiran dari oksigen yang cukup (biasanya yang disediakan oleh udara) atau khlor untuk memungkinkan pembakaran yang cepat. (Sumber Microsoft Encarta 2003, diterjemahkan secara bebas)

Itulah keajaiban air, ia terbentuk dari dua zat yang dapat menyebabkan kebakaran tapi toh ia (air) digunakan buat memadamkan kebakaran, Maha Besar Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Kegunaannya

Kegunaan air? nggak usah dijelaskan juga tau kan apa gunanya, selain memadamkan kebakaran. Air digunakan dalam industri makanan, buat mencuci pakaian, bahkan air digunakan buat mensucikan tubuh kita sebelum menghadap Allah SWT (solat) dengan mandi junub dan ber-wudhu.

Ahli jiwa di AS menyarankan agar pasiennya sering-sering membasahi sebagian kepalanya guna mengurangi depresi. Ini udah dilakukan oleh umat muslim tipa harinya dengan ber-wudhu (lima kali bahkan lebih), mungkin itu yang menyebabkan umat muslim terhindar dari depresi, kaya lagunya Bang Roma, kata beliau stess obatnya iman dan taqwa. Betapa kegunaan air sungguh banyak.

Ahli dari jepang (pernah aku baca salah satu buku karangan beliau, maaf namanya kaga inget), beliau meneliti bahwa kristal air atau salju bentuknya sesuai dengan dimana dan diucapkan apa kepada air tersebut. Maksudnya begini, pernah liat kristal air (itu di Film kalo ada turun salju ada kepingan-kepingan berbentuk bintang yang cantik). Nah jika kita menempatkan air pada gelas atau bejana yang bertuliskan kata cantik, maka bentuk kristalnya juga cantik banget, sebaliknya jika ditempatkan pada gelas atau bejana yang bertuliskan kata jelek, maka bentuk kristalnya juga jelek. Begitu pula dengan air di daerah pegunungan (kristalnya cantik) dan air yang tercemar diperkotaan (kristalnya jelek). Begitu juga kalo kita tiupkan kata-kata kepadanya. Makanya Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita sebelum minum untuk membaca Basmalah agar kristal airnya cantik dan akan membuat kita tambah cantik karna mengkonsumsi yang cantik-cantik.

Agaknya tradisi membuat kopi manis, kopi pahit dan air putih yang diletakkan waktu selamatan atau pembacaan surah yasin adalah tradisi (suku banjar) yang baik karena akan membuat kristal air di kopi dan air putih jadi cantik dan memang benar rasanya benar-benar enak banget (aku sering rebutan ama saudara-saudara buat cicipin kopi pahitnya, padahal aku nggak begitu suka kopi pahit)

Surah Al Anbiyaa' (21)ayat 30

30. Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, Kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

0 comments:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini